Kamis, 11 November 2010

RPP IPA KELAS 2 SD SMT. 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SDN No.194/VI Tambang Emas 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/1
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan pertumbuhan hewan, serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar : Mengenal bagian-bagian utama hewan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Indikator :1. Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, dan ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamatan
2.Menggambarkan secara sederhana dan menamai bagian-bagian tubuh hewan
3.Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitar
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, dan ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamaan;
2. menggambarkan secara sederhana dan menamai bagian-bagian tubuh hewan;
3. menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitar;


II.Materi Pembelajaran
Bagian-bagian tubuh hewan

III.Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal
1.Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang ada di sekitar.
2.Secara acak, siswa ditanya bagian-bagian tubuh hewan yang disebutkannya.

Kegiatan Inti
1.Guru mengevaluasi jawaban siswa dan mengelompokkan jawaban siswa
dalam kelompok hewan.
2.Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan bagian-bagian utama tubuh hewan yang ada di sekitar.
3.Guru menjelaskan bahwa hewan adalah ciptaan Tuhan.
4.Guru mengajak siswa agar selalu bersyukur kepada Tuhan.


Kegiatan Akhir
1. Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan bagian-bagian utama tubuh hewan yang ada di sekitar.
2. Guru menyimpulkan dengan cara menyebut bagian-bagian utama hewan, yaitu kepala, badan, dan anggota gerak.
3. Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan berbagai suara hewan yang ada di sekitar.

V.Alat dan Sumber Belajar
1. Buku IPA Kelas 2
2. Gambar Hewan dan Tumbuhan


VI.Penilaian
1. Tes lisan
2. Tes Tertulis
3. Penilaia Performance

Soal Pengayaan
A. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Jumlah kaki Sapi ada …………
2. Burung dapat terbang dengan ……………….
3. Ikan berenang dengan …………………. dan …………..
4. Ayam makan dengan ………………..
5. Sisik ikan melindungi bagian ………………..
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Bagian tumbuhan yang menyerap air dalam tanah adalah……………
2. Bagian tumbuhan untuk menopang yaitu ………………….
3. Yang dimaksud bakal buah yaitu ………………
4. Bagian tumbuhan yang memasak makanan yaitu ……………….
5. Agar tanaman tumbuh subur diberi …………..

Kunci Jawaban
A. 1. 4 (empat)
2. Sayapnya
3. Sirip dan ekornya
4. Paruh
5. Tubuh
B. 1. Akar
2. Batang
3. Bunga
4. Daun
5. Pupuk

Mengetahui Dilaksanakan, ……………………
Kepala Sekolah Guru Kelas



W A S G I, S.Pd YAMONAH
NIP. NIP.








































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SDN No. 194/VI Tambang Emas 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/1
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar : Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Indikator :1.Menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan, misalnya menggunakan kaki, perut, sayap (terbang), dan sirip
2.Membuat daftar bagian-bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga, dan buah atau biji)
3.Menggambarkan bagian-bagian utama tumbuhan secara sederhana

I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan, misalnya menggunakan kaki, perut, sayap (terbang), dan sirip;
2. membuat daftar bagian-bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga,dan buah atau biji) berdasarkan hasil pengamatan;
3. menggambarkan bagian-bagian utama tumbuhan secara sederhana.

II.Materi Pembelajaran
Bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan

III.Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal
1.Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar.
2.Secara acak, siswa ditanya bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang disebutkannya.

Kegiatan Inti
1.Guru mengevaluasi jawaban siswa dan mengelompokkan jawaban siswa
dalam kelompok hewan dan tumbuhan.
2.Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar.
3.Guru menjelaskan bahwa hewan dan tumbuhan adalah ciptaan Tuhan.
4.Guru mengajak siswa agar selalu bersyukur kepada Tuhan.

Kegiatan Akhir
1. Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai cara hewan di sekitar bergerak.
2. Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan bagian-bagian tumbuhan.

V.Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 2 halaman 1–20, terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
• Charta bagian-bagian tubuh hewan
• Charta berbagai suara hewan
• Charta berbagai cara hewan bergerak
• Charta bagian-bagian tubuh tumbuhan
• Alat-alat tulis
VI.Penilaian
• Pengamatan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, penilaian sikap, minat,
dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan dapat dilihat pada lembar
lampiran

Soal Pengayaan
Berilah tanda ( ) pada kolom yang sesuai!
No. Pernyataan Benar Salah
1. Tumbuhan terdiri atas akar, batang, daun, dan buah......
2. Batang pohon kelapa bercabang......
3. Kebanyakan biji ada di dalam buah......
4. Ikan bergerak dengan sisik......
5. Burung bergerak dengan kaki......




Mengetahui Dilaksanakan, ……………………
Kepala Sekolah Guru Kelas


W A S G I, S.Pd YAMONAH
NIP. NIP.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar