Kamis, 11 November 2010

CERITA DAERAH

SUNGAI JODOH
Cerita daerah dari Batam


Pada suatu masa di pedalaman pulau Batam, ada sebuah desa yang didiami seorang gadis yatim piatu bernama Mah Bongsu. Ia menjadi pembantu rumah tangga dari seorang majikan bernama Mak Piah. Mak Piah mempunyai seorang putri bernama Siti Mayang. Pada suatu hari, Mah Bongsu mencuci pakaian majikannya di sebuah sungai. Ular! teriak Mah Bongsu ketakutan ketika melihat seekor ulat mendekat. Ternyata ular itu tidak ganas, ia berenang ke sana ke mari sambil menunjukkan luka di punggungnya. Mah Bongsu memberanikan diri mengambil ular yang kesakitan itu dan membawanya pulang ke rumah.

Mah Bongsu merawat ular tersebut hingga sembuh. Tubuh ular tersebut menjadi sehat dan bertambah besar. Kulit luarnya mengelupas sedikit demi sedikit. Mah Bongsu memungut kulit ular yang terkelupas itu, kemudian dibakarnya. Ajaib, setiap Mah Bongsu membakar kulit ular, timbul asap besar. Jika asap mengarah ke Negeri Singapura, maka tiba-tiba terdapat tumpukan emas berlian dan uang. Jika asapnya mengarah ke negeri Jepang, mengalirlah berbagai alat elektronik buatan Jepang. Dan bila asapnya mengarah ke kota Bandar Lampung, datang berkodi-kodi kain tapis Lampung. Dalam tempo dua, tiga bulan, Mah Bongsu menjadi kaya raya jauh melebihi Mak Piah Majikannya. Kekayaan Mah Bongsu membuat orang bertanya-tanya. Pasti Mah Bongsu memelihara tuyul, kata Mak Piah. Pak Buntal pun menggarisbawahi pernyataan istrinya itu. Bukan memelihara tuyul! Tetapi ia telah mencuri hartaku! Banyak orang menjadi penasaran dan berusaha menyelidiki asal usul harta Mah Bongsu. Untuk menyelidiki asal usul harta Mah Bongsu ternyata tidak mudah. Beberapa dari orang dusun yang penasaran telah menyelidiki berhari-hari namun tidak dapat menemukan rahasianya. Yang penting sekarang ini, kita tidak dirugikan, kata Mak Ungkai kepada tetangganya. Bahkan Mak Ungkai dan para tetangganya mengucapkan terima kasih kepada Mah Bongsu, sebab Mah Bongsu selalu memberi bantuan mencukupi kehidupan mereka sehari-hari. Selain mereka, Mah Bongsu juga membantu para anak yatim piatu, orang yang sakit dan orang lain yang memang membutuhkan bantuan. Mah Bongsu seorang yang dermawati, sebut mereka.

Mak Piah dan Siti Mayang, anak gadisnya merasa tersaingi. Hampir setiap malam mereka mengintip ke rumah Mah Bongsu. Wah, ada ular sebesar betis? gumam Mak Piah. Dari kulitnya yang terkelupas dan dibakar bisa mendatangkan harta karun? gumamnya lagi. Hmm, kalau begitu aku juga akan mencari ular sebesar itu, ujar Mak Piah. Mak Piah pun berjalan ke hutan mencari seekor ular. Tak lama, ia pun mendapatkan seekor ular berbisa. Dari ular berbisa ini pasti akan mendatangkan harta karun lebih banyak daripada yang didapat oleh Mah Bongsu, pikir Mak Piah. Ular itu lalu di bawa pulang. Malam harinya ular berbisa itu ditidurkan bersama Siti Mayang. Saya takut! Ular melilit dan menggigitku! teriak Siti Mayang ketakutan. Anakku, jangan takut. Bertahanlah, ular itu akan mendatangkan harta karun, ucap Mak Piah. Sementara itu, luka ular milik Mah Bongsu sudah sembuh. Mah Bongsu semakin menyayangi ularnya. Saat Mah Bongsu menghidangkan makanan dan minuman untuk ularnya, ia tiba-tiba terkejut. Jangan terkejut. Malam ini antarkan aku ke sungai, tempat pertemuan kita dulu, kata ular yang ternyata pandai berbicara seperti manusia. Mah Bongsu mengantar ular itu ke sungai. Sesampainya di sungai, ular mengutarakan isi hatinya. Mah Bongsu, Aku ingin membalas budi yang setimpal dengan yang telah kau berikan padaku, ungkap ular itu. Aku ingin melamarmu untuk menjadi istriku, lanjutnya. Mah Bongsu semakin terkejut, ia tidak bisa menjawab sepatah katapun. Bahkan ia menjadi bingung. Ular segera menanggalkan kulitnya dan seketika itu juga berubah wujud menjadi seorang pemuda yang tampan dan gagah perkasa. Kulit ular sakti itu pun berubah wujud menjadi sebuah gedung yang megah yang terletak di halaman depan pondok Mah bongsu. Selanjutnya tempat itu diberi nama desa Tiban asal dari kata ketiban, yang artinya
kejatuhan keberuntungan atau mendapat kebahagiaan.

Akhirnya, Mah Bongsu melangsungkan pernikahan dengan pemuda tampan tersebut. Pesta pun dilangsungkan tiga hari tiga malam. Berbagai macam hiburan ditampilkan. Tamu yang datang tiada henti-hentinya memberikan ucapan selamat. Dibalik kebahagian Mah Bongsu, keadaan keluarga Mak Piah yang tamak dan loba sedang dirundung duka, karena Siti Mayang, anak gadisnya meninggal dipatuk ular berbisa.
Konon, sungai pertemuan Mah Bongsu dengan ular sakti yang berubah wujud menjadi pemuda tampan itu dipercaya sebagai tempat jodoh. Sehingga sungai itu disebut Sungai Jodoh.

HIKMAH :
Sikap tamak, serakah akan mengakibatkan kerugian pada diri sendiri. Sedang sikap menerima apa adanya, mau menghargai orang lain dan rela berkorban demi sesama yang membutuhkan, akan berbuah kebahagiaan.




MALIN KUNDANG
Cerita daerah dari Sumatera Barat



Pada suatu waktu, hiduplah sebuah keluarga nelayan di pesisir pantai wilayah Sumatra. Keluarga tersebut terdiri dari ayah, ibu dan seorang anak laki-laki yang diberi namaMalin Kundang. Karena kondisi keuangan keluarga yang memprihatinkan, sang ayah memutuskan untuk mencari nafkah di negeri seberang dengan mengarungi lautan yang luas. Maka tinggallah si Malin dan ibunya di gubug mereka. Seminggu, dua minggu, sebulan, dua bulan bahkan sudah 1 tahun lebih lamanya, ayah Malin tidak juga kembali ke kampung halamannya. Sehingga ibunya harus menggantikan posisi ayah Malin untuk mencari nafkah. Malin termasuk anak yang cerdas tetapi sedikit nakal. Ia sering mengejar ayam dan memukulnya dengan sapu. Suatu hari ketika Malin sedang mengejar ayam, ia tersandung batu dan lengan kanannya luka terkena batu. Luka tersebut menjadi berbekas dilengannya dan tidak bisa hilang. Setelah beranjak dewasa, Malin Kundang merasa kasihan dengan ibunya yang banting tulang mencari nafkah untuk membesarkan dirinya. Ia berpikir untuk mencari nafkah di negeri seberang dengan harapan nantinya ketika kembali ke kampung halaman, ia sudah menjadi seorang yang kaya raya. Malin tertarik dengan ajakan seorang nakhoda kapal dagang yang dulunya miskin sekarang sudah menjadi seorang yang kaya raya. Malin kundang mengutarakan maksudnya kepada ibunya. Ibunya semula kurang setuju dengan maksud Malin Kundang, tetapi karena Malin terus mendesak, Ibu Malin Kundang akhirnya menyetujuinya walau dengan berat hati. Setelah mempersiapkan bekal dan perlengkapan secukupnya, Malin segera menuju ke dermaga dengan diantar oleh ibunya.
"Anakku, jika engkau sudah berhasil dan menjadi orang yang berkecukupan, jangan kau lupa dengan ibumu dan kampung halamannu ini, nak", ujar Ibu Malin Kundang sambil berlinang air mata. Kapal yang dinaiki Malin semakin lama semakin jauh dengan diiringi lambaian tangan Ibu Malin Kundang. Selama berada di kapal, Malin Kundang banyak belajar tentang ilmu pelayaran pada anak buah kapal yang sudah berpengalaman.

Di tengah perjalanan, tiba-tiba kapal yang dinaiki Malin Kundang di serang oleh bajak laut. Semua barang dagangan para pedagang yang berada di kapal dirampas oleh bajak laut. Bahkan sebagian besar awak kapal dan orang yang berada di kapal tersebut dibunuh oleh para bajak laut. Malin Kundang sangat beruntung dirinya tidak dibunuh oleh para bajak laut, karena ketika peristiwa itu terjadi, Malin segera bersembunyi di sebuah ruang kecil yang tertutup oleh kayu. Malin Kundang terkatung-katung ditengah laut, hingga akhirnya kapal yang ditumpanginya terdampar di sebuah pantai. Dengan sisa tenaga yang ada, Malin Kundang berjalan menuju ke desa yang terdekat dari pantai. Sesampainya di desa tersebut, Malin Kundang ditolong oleh masyarakat di desa tersebut setelah sebelumnya menceritakan kejadian yang menimpanya. Desa tempat Malin terdampar adalah desa yang sangat subur. Dengan keuletan dan kegigihannya dalam bekerja, Malin lama kelamaan berhasil menjadi seorang yang kaya raya. Ia memiliki banyak kapal dagang dengan anak buah yang jumlahnya lebih dari 100 orang. Setelah menjadi kaya raya, Malin Kundang mempersunting seorang gadis untuk menjadi istrinya.






Berita Malin Kundang yang telah menjadi kaya raya dan telah menikah sampai juga kepada ibu Malin Kundang. Ibu Malin Kundang merasa bersyukur dan sangat gembira anaknya telah berhasil. Sejak saat itu, ibu Malin Kundang setiap hari pergi ke dermaga, menantikan anaknya yang mungkin pulang ke kampung halamannya. Setelah beberapa lama menikah, Malin dan istrinya melakukan pelayaran dengan kapal yang besar dan indah disertai anak buah kapal serta pengawalnya yang banyak. Ibu Malin Kundang yang setiap hari menunggui anaknya, melihat kapal yang sangat indah itu, masuk ke pelabuhan. Ia melihat ada dua orang yang sedang berdiri di atas geladak kapal. Ia yakin kalau yang sedang berdiri itu adalah anaknya Malin Kundang beserta istrinya. Malin Kundang pun turun dari kapal. Ia disambut oleh ibunya. Setelah cukup dekat, ibunya melihat belas luka dilengan kanan orang tersebut, semakin yakinlah ibunya bahwa yang ia dekati adalah Malin Kundang. "Malin Kundang, anakku, mengapa kau pergi begitu lama
tanpa mengirimkan kabar?", katanya sambil memeluk Malin Kundang. Tapi apa yang terjadi kemudian? Malin Kundang segera melepaskan pelukan ibunya dan mendorongnya hingga terjatuh. "Wanita tak tahu diri, sembarangan saja mengaku sebagai ibuku", kata Malin Kundang pada ibunya. Malin Kundang pura-pura tidak mengenali ibunya, karena malu dengan ibunya yang sudah tua dan mengenakan baju compang-camping. "Wanita itu ibumu?", Tanya istri Malin Kundang. "Tidak, ia hanya seorang pengemis yang pura-pura mengaku sebagai ibuku agar mendapatkan harta ku", sahut Malin kepada istrinya.

Mendengar pernyataan dan diperlakukan semena-mena oleh anaknya, ibu Malin Kundang sangat marah. Ia tidak menduga anaknya menjadi anak durhaka. Karena kemarahannya yang memuncak, ibu Malin menengadahkan tangannya sambil berkata "Oh Tuhan, kalau benar ia anakku, aku sumpahi dia menjadi sebuah batu". Tidak berapa lama kemudian angin bergemuruh kencang dan badai dahsyat datang menghancurkan kapal Malin Kundang. Setelah itu tubuh Malin Kundang perlahan menjadi kaku dan lama-kelamaan akhirnya berbentuk menjadi sebuah batu karang.

HIKMAH :
Sebagai seorang anak, jangan pernah melupakan semua jasa orangtua terutama kepada seorang Ibu yang telah mengandung dan membesarkan anaknya, apalagi jika sampai menjadi seorang anak yang durhaka. Durhaka kepada orangtua merupakan satu dosa besar yang nantinya akan ditanggung sendiri oleh anak.

RPP IPA KELAS 2 SD SMT. 1

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SDN No.194/VI Tambang Emas 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/1
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan pertumbuhan hewan, serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar : Mengenal bagian-bagian utama hewan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Indikator :1. Membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, dan ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamatan
2.Menggambarkan secara sederhana dan menamai bagian-bagian tubuh hewan
3.Menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitar
I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. membuat daftar bagian-bagian utama tubuh hewan (kucing, burung, dan ikan) dan kegunaannya dari hasil pengamaan;
2. menggambarkan secara sederhana dan menamai bagian-bagian tubuh hewan;
3. menirukan berbagai suara hewan yang ada di lingkungan sekitar;


II.Materi Pembelajaran
Bagian-bagian tubuh hewan

III.Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal
1.Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan yang ada di sekitar.
2.Secara acak, siswa ditanya bagian-bagian tubuh hewan yang disebutkannya.

Kegiatan Inti
1.Guru mengevaluasi jawaban siswa dan mengelompokkan jawaban siswa
dalam kelompok hewan.
2.Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan bagian-bagian utama tubuh hewan yang ada di sekitar.
3.Guru menjelaskan bahwa hewan adalah ciptaan Tuhan.
4.Guru mengajak siswa agar selalu bersyukur kepada Tuhan.


Kegiatan Akhir
1. Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan bagian-bagian utama tubuh hewan yang ada di sekitar.
2. Guru menyimpulkan dengan cara menyebut bagian-bagian utama hewan, yaitu kepala, badan, dan anggota gerak.
3. Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan berbagai suara hewan yang ada di sekitar.

V.Alat dan Sumber Belajar
1. Buku IPA Kelas 2
2. Gambar Hewan dan Tumbuhan


VI.Penilaian
1. Tes lisan
2. Tes Tertulis
3. Penilaia Performance

Soal Pengayaan
A. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Jumlah kaki Sapi ada …………
2. Burung dapat terbang dengan ……………….
3. Ikan berenang dengan …………………. dan …………..
4. Ayam makan dengan ………………..
5. Sisik ikan melindungi bagian ………………..
B. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar!
1. Bagian tumbuhan yang menyerap air dalam tanah adalah……………
2. Bagian tumbuhan untuk menopang yaitu ………………….
3. Yang dimaksud bakal buah yaitu ………………
4. Bagian tumbuhan yang memasak makanan yaitu ……………….
5. Agar tanaman tumbuh subur diberi …………..

Kunci Jawaban
A. 1. 4 (empat)
2. Sayapnya
3. Sirip dan ekornya
4. Paruh
5. Tubuh
B. 1. Akar
2. Batang
3. Bunga
4. Daun
5. Pupuk

Mengetahui Dilaksanakan, ……………………
Kepala Sekolah Guru Kelas



W A S G I, S.Pd YAMONAH
NIP. NIP.








































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran

Nama Sekolah : SDN No. 194/VI Tambang Emas 1
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/semester : II/1
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 jam pelajaran
Standar Kompetensi : Mengenal bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan, pertumbuhan hewan dan tumbuhan, serta berbagai tempat hidup makhluk hidup
Kompetensi Dasar : Mengenal bagian-bagian utama hewan dan tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah melalui pengamatan
Indikator :1.Menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan, misalnya menggunakan kaki, perut, sayap (terbang), dan sirip
2.Membuat daftar bagian-bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga, dan buah atau biji)
3.Menggambarkan bagian-bagian utama tumbuhan secara sederhana

I.Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa dapat
1. menceritakan cara hewan bergerak berdasarkan pengamatan, misalnya menggunakan kaki, perut, sayap (terbang), dan sirip;
2. membuat daftar bagian-bagian utama tumbuhan (akar, batang, daun, bunga,dan buah atau biji) berdasarkan hasil pengamatan;
3. menggambarkan bagian-bagian utama tumbuhan secara sederhana.

II.Materi Pembelajaran
Bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan

III.Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV.Langkah-Langkah Pembelajaran

Kegiatan Awal
1.Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar.
2.Secara acak, siswa ditanya bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan yang disebutkannya.

Kegiatan Inti
1.Guru mengevaluasi jawaban siswa dan mengelompokkan jawaban siswa
dalam kelompok hewan dan tumbuhan.
2.Guru mengevaluasi jawaban siswa dan menyebutkan bagian-bagian utama tubuh hewan dan tumbuhan yang ada di sekitar.
3.Guru menjelaskan bahwa hewan dan tumbuhan adalah ciptaan Tuhan.
4.Guru mengajak siswa agar selalu bersyukur kepada Tuhan.

Kegiatan Akhir
1. Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai cara hewan di sekitar bergerak.
2. Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan bagian-bagian tumbuhan.

V.Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Jendela IPA 2 halaman 1–20, terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka
Mandiri
• Charta bagian-bagian tubuh hewan
• Charta berbagai suara hewan
• Charta berbagai cara hewan bergerak
• Charta bagian-bagian tubuh tumbuhan
• Alat-alat tulis
VI.Penilaian
• Pengamatan keaktifan dalam menjawab pertanyaan, penilaian sikap, minat,
dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan dapat dilihat pada lembar
lampiran

Soal Pengayaan
Berilah tanda ( ) pada kolom yang sesuai!
No. Pernyataan Benar Salah
1. Tumbuhan terdiri atas akar, batang, daun, dan buah......
2. Batang pohon kelapa bercabang......
3. Kebanyakan biji ada di dalam buah......
4. Ikan bergerak dengan sisik......
5. Burung bergerak dengan kaki......




Mengetahui Dilaksanakan, ……………………
Kepala Sekolah Guru Kelas


W A S G I, S.Pd YAMONAH
NIP. NIP.